Tahukah kamu 10 alat-alat keselamatan pada pesawat

Saat melakukan penerbangan tentu hal utama yang wajib diperhatikan adalah keamanan. Dimana keamanan tidak hanya pada pesawat itu sendiri, tetapi juga ada alat keamanan yang diperlukan untuk keselamatan penumpang. Untuk mengetahui apa saja alat-alat yang dibutuhkan untuk keselamatan penumpang, berikut ulasannya:

1. Kartu keselamatan atau Safety Information Card
Kartu keselamatan merupakan informasi yang dibuat untuk memudahkan penumpang dalam memahami demo keselamatan yang diperagakan oleh awak kabin. Letaknya di kantung kursi di hadapan kamu.

2. Sabuk Pengaman atau Safety belt
Saat dalam perjalanan seluruh penumpang wajib menggunakan sabuk pengaman, karena hal ini untuk melindungi tubuh saat terjadi goncangan. Dimana terdiri dari sabuk pengaman untuk anak-anak dan sabuk pengaman untuk dewasa. Pastikan juga kamu mengerti saat mengenakan dan melepaskan sabuk pengaman.

3. Baju pelampung atau Life Vest
Saat melakukan penerbangan tentu kita sudah tidak asing lagi saat melihat awak kabin memperagakan bagaimana mengenakan baju pelampung. Namun yang perlu diperhatikan adalah kamu harus benar-benar mengecek apakah baju pelampung itu benar-benar ada. Jika pesawat terendam di dalam air, lampu secara otomatis akan menyala. Itu artinya kamu harus menyiapkan baju pelampung yang telah disediakan. Namun jangan mengembungkan baju pelampung di dalam kabin pesawat karena akan menyulitkan saat evakuasi. Kembungkan pelampung jika telah mendekati pintu darurat.

4. Masker oksigen atau Oxygen Mask
Pesawat mempunyai suatu sistem yang akan mengatur tekanan udara di dalamnya sehingga tidak lebih dari batas yang telah ditentukan. Setiap maskapai menyediakan masker oksigen. Masker oksigen akan otomatis keluar jika tekanan udara di dalam pesawat melebihi batas yang telah ditentukan. Jika hal tersebut terjadi, kamu harus menarik masker oksigen tersebut dan langsung memakainya. Dan kamu harus perhatikan jika kamu harus bisa memasangnya kurang dari limabelas detik, jika tidak mungkin kamu bisa pingsan.

5. Jalur, Pintu Evakuasi dan Rakit Keselamatan
Setiap pesawat memiliki pintu darurat serta rakit untuk keselamatan. Awak kabin akan menjelaskan kepada kamu arah pintu darurat dan letak rakit keselamatand dan kamu akan diarahkan jalur evakuasinya. Dan yang harus kamu lakukan adalah menghitung berapa jarak pasti antara kursi dengan pintu darurat. Pastikan hitunglah berapa bangku yang semestinya harus kamu lewati karena dalam keadaan darurat bisa jadi suasana akan gelap. Jika pesawat mengeluarkan asap, yang harus kamu lakukan adalah menunduk di lantai pesawat dan mengikuti lampu yang ada di lantai untuk menuju pintu darurat. Sekedar informasi bahwa pintu darurat pesawat sangat berat. Cara terbaik untuk membukanya yaitu dengan menyandarkan badan ke pintu darurat agar pintu lebih mudah terbuka dengan dorongan tangan dan tubuh. (mkd)
Sumber: sepatusafetybootid

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *